32 Ide Daur Ulang Botol Plastik Jadi Mainan Anak

Daur ulang botol plastik jadi mainan anak mungkin masih jarang dilakukan oleh sebagian orang. Namun tahukah Anda bahwa dengan botol plastik bekas atau botol plastik yang tidak terpakai bisa disulap menjadi berbagai macam jenis mainan untuk anak?

Botol plastik bekas adalah limbah anorganik yang susah terurai jika dibuang. Hal yang paling bijak yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kembali botol plastik bekas tersebut atau menyulapnya menjadi produk baru yang memiliki nilai guna. Baca: 45 Ide Kreatif dari Botol Plastik Bekas

Selain memanfaatkan botol plastik sebagai produk baru yang bermanfaat untuk keperluan rumah tangga, botol plastik bekas juga bisa dijadikan sebagai mainan untuk bayi dan anak. Bagaimana caranya? Sangat mudah dan simple. Berikut ini ada 32 ide daur ulang plastik menjadi mainan anak yang bisa Anda terapkan dan ikuti. Mainan tersebut berupa mobil, boneka, dan lain-lain.



1. Robot-robotan
Memanfaatkan botol plastik warna hijau dengan mengubahnya menjadi mainan anak berupa robot cukup unik bukan? Anda bisa merangkai botol plastik tersebut seperti gambar di bawah ini. Kombinasikan dengan tutup botolnya pula.



2. Mainan dari tutup botol untuk daya ingat anak
Tutup botol yang berwarna tentu bisa dijadikan mainan yang memiliki nilai positif pada anak. Anda bisa mengumpulkan beberapa tutup botol dengan warna yang berbeda atau ukuran yang berbeda. Lalu buatlah mainan seperti celengan dan berikan warna seperti gambar di bawah ini. Cara kerja mainan ini yakni dengan memasukkan tutup botol sesuai dengan lubang yang tersedia. Gunanya adalah untuk mengasah daya pikir dan ingat pada anak.



3. Game Papan Catur
Membuat bidak catur dari tutup botol juga merupakan ide yang bagus. Anda bisa membuat permainan dengan papan catur.



4. Bubble gum, gelembung tiup
Botol plastik bekas pada bagian bawahnya dilubangi kecil-kecil lalu bisa dibuat seperti alat peniup untuk mainan gelembung tiup.



5. Rumah-rumahan untuk boneka
Botol plastik juga bisa dijadikan rumah-rumahan lucu. Anda hanya perlu mengguntingnya untuk bagian pintu dan jendela, lalu beri warna.



6. Mainan ular dari tutup botol
Kumpulkan tutup botol lalu rangkai menjadi seperti ular yang meliuk-liuk. Buatlah mainan ular dari tutup botol yang memiliki warna berbeda-beda. Hasilnya seperti gambar berikut



7. Anak ayam
Anak ayam seperti gambar di bawah ini lucu bukan? Cara membuatnya sangat mudah. Yakni hanya dengan menggunakan satu tutup botol plastik saja. Lalu kreasikan sendiri dengan menempelkan bulu warna kuning dan mata serta paruh.



8. Boneka kepik/kumbang koksi
Memotong bagian bawah botol yang memiliki lekukan. Lalu warnai dan buatlah menjadi seperti kepik.



9. Hiasan dari tutup botol
Kreasikan tutup botol menjadi apapun yang disukai anak. Tutup-tutup botol tersebut bisa dirangkai menjadi bunga, ikan-ikan, anak ayam, dan lain sebagainya.



10. Sekop/ serok pasir
Anak kecil biasa bermain pasir? Anda bisa mendaur ulang botol plastik bekas menjadi sekop.



11. Boneka sumo
Potonglah sua bagian botol plastik. Lalu gabungkan kembali sehingga menjadi botol yang berukuran mini. Lalu lukislah botol mini tersebut hingga membentuk seperti pe-sumo. Dan jadilah bonek sumo yang lucu.



12. Bunga mainan
Botol plastik bekas juga bisa dibuat menjadi mainan bunga. Anak bisa membuat bunga mainannya sendiri sesuka hati. Mereka akan terpacu untuk membuat mainan bunga sesuai selera mereka.



13. Mainan es kelapa
Membuat minuman es kelapa yang ada payungnya juga merupakan mainan yang unik.



14. Boneka burung hantu
Sama seperti cara membuat boneka lainnya, boneka burung hantu ini caranya pun simple. Potong botol menjadi dua bagian lalu satukan kembali menjadi botol yang lebih kecil dan lukis menyerupai burung hantu.



15. Boneka Angsa
Boneka angsa yang tampak real juga bisa dibuat dari botol plastik. Caranya seperti gambar di bawah ini



16. Gelang cantik
Membuat gelang untuk anak wanita bisa juga dibuat dari limbah plastik seperti botol. Caranya sangat mudah. Hanya perlu menggunting bagian tengah botol, lalu melapisinya dengan kain.



17. Botol buket/mainan bayi
Mainan ecrek-ecrek untuk bayi atau botol buket juga bisa dibuat dari botol plastik bekas.



18. Boneka babi
Membuat boneka babi juga mudah. Pilihlah botol yang memiliki gagang lalu tinggal kreasikan menjadi bentuk babi. Contohnya seperti gambar di bawah.



19. Mainan helikopter
Membuat mainan helikopter dari botol plastik cukup mudah. Gunakan botol plastik kecil, bola pingpong, dan sedotan plastik. Lalu kresikan seperti gambar di bawah ini.



20. Mainan prahu layar
Saat anak sedang mandi biasanya mereka akan mandi sambil bermain kapal-kapalan. Anda bisa membuat perahu layar dari botol plastik.



21. Mainan bayi lucu
Menggunakan botol plastik lalu mengisinya dengan pernak-pernik dan air.



22. Robot dari tutup botol
Kumpulkan beberapa tutup botol lalur angkai menjadi robot.



23. Mainan anak tarik menarik
Bisa pula dijadikan mainan yang lebih seru misalnya seperti gambar di bawah ini



24. Roket-roketan
Dua botol plastik ukuran besar, lalu cat dengan pilok dan berikan efek api dengan memasukkan kain ke dalam lubang botol. Berikan jaket, dan jadilah mainan roket untuk anak



25. Roket botol yang bisa meluncur
Membuat roket yang benar-benar meluncur ke atas dengan botol plastik juga bisa. Caranya adalah dengan menggunakan metode tekanan. Botol plastik yang memiliki ukuran besar lallu buatlahh menjadi mirip roket. Lalu isikan air, dan salurkan dengan pompa. Selengkapnya bisa search tutorial membuat roket tersebut di internet.



26. Mobil-mobilan
Ide mainan mobil dari bahan botol plastik bekas sudah sering terdengar. Caranyapun sangat mudah. Yakni tinggal memberikan empat roda dengan tutup botol. Lalu beri beberapa pernak-pernik. Mudah sekali



27. Bowling
Pernah bermain bowling? Kali ini gantilah pin bowling menjadi sebuah botol plastik. Bolanya pun bisa diganti pula menjadi bola plastik. Mudah bukan?



28. Mainan perahu sederhana
Saat hujan turun dan genangan air di halaman rumah yang mengalir deras bisa dimanfaatkan. Buatlah mainan perahu sederhana dari botol plastik bekas. Contoh hasil jadinya seperti gambar di bawah ini.



29. Boneka hiu
Potong botol plastik menjadi dua. Lalu ambil bagian atas, dan bentuk pola seperti gigi hiu ,dan cat atau lukis menjadi hiu. Hasilnya pasti keren.



30. Boneka kura-kura
Sama seperti membuat boneka kepik, cara membuat boneka kura-kura juga mudah. Potong botol plastik dan ambil bagian bawah lalu bentuk menjadi seperti kura-kura. Isi dalamnya dengan pernak-pernik apa saja.



31. Mainan pesawat
Membuat pesawat terbang mainan juga mudah sekali. Tinggal mengkreasikan botol dan bentuk menjadi pesawat terbang.



32. Mainan anak kincir angin
Membuat mainan anak kincir angin juga mudah. Meskipun sederhana namun yang jelas menggunakan bahan dari botol plastik bekas tentu lebih menghemat biaya.

Nah, itu dia 32 ide mainan anak dari botol plastik bekas. Ide daur ulang botol plastik menjadi mainan anak tentu sangat banyak dan semuanya adalah hasil kreatifitas masing-masing. Anda bisa menciptakan ide Anda sendiri dan bahkan Anda bisa mengajak anak-anak untuk ikut berkreatifitas. Botol plastik yang seharusnya menjadi limbah yang sulit teruraikan bisa dimanfaatkan kembali atau reuse menjadi produk yang lebih berguna.
Load disqus comments

0 comments