8 Cara Ampuh Menata Kamar Tidur Supaya Terlihat Lebih Luas

Cara ampuh menata kamar tidur supaya terlihat lebih luas bukan hal yang susah untuk dipikirkan ataupun dilakukan. Hanya perlu mempertimbangkan sedikit aspek dalam kamar tidur dan menatanya maka kamar tidur yang sempit bisa nampak lebih lapang. Umumnya pada hunian rumah minimalis memiliki ruang yang sempit dan terbatas. Namun demikian, dengan keterbatasan tersebut tentu tidak akan menjadikan kondisi tidak nyaman. Anda bisa menata ruangan yang sempit sedemikian rupa sehingga terlihat lebih luas.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menata kamar supaya terlihat lebih luas, antara lain:

1. Pilih perabotan yang penting saja dan yang minimalis dan posisikan pada 1 lokasi
Dalam sebuah kamar tidur umumnya memiliki perabotan. Di antaranya seperti meja belajar, tempat tidur, cermin, rak buku, kursi, dan lain-lainnya. Nah, kadang banyaknya perabotan yang masuk dalam kamar tidur acapkali menjadikan ruangan semakin sempit. Space ruangan terlalu penuh termakan oleh perabotan-perabotan tersebut. Lantas bagaimana solusinya? atau bagaimana memilih perabotan yang bagus untuk kamar tidur?

Jika ruangan kamar tidur Anda tidak terlalu luas atau hanya berukuran sekitar 3x3, 3x4, atau 3x5 maka pilihlah perabotan yang utama saja. Perabotan yang paling diutamakan seperti meja belajar, lemari pakaian, dan kursi. Dan gunakan perabotan yang minimalis saja jangan terlalu mewah atau besar. Taruh meja belajar dan kursi dekat jendela dan bersampingan dengan lemari pakaian. Kelompokkan jadi satu lokasi perabotan-perabotan tersebut, sehingga lokasi lain akan nampak lebih longgar.

2. Jendela besar
Percayakah Anda bahwa jika kita memasang jendela yang memiliki ukuran besar pada ruangan yang sempit maka ruangan tersebut akan terasa lebih longgar? Logikanya yakni jika di ruang sempit kita bisa melihat ke luar atau ke ruangan yang lebih luas maka ruang sempit yang sedang kita pijaki akan terasa lebih lapang.

Solusinya untuk mendapat akses ke luar yang lebih luas yakni dengan memasang jendela kamar yang besar. Selain sugesti yang akan membuat penghuni kamar merasa kamarnya lebih luas, cahaya yang masuk ke dalam kamar juga akan menambah ruangan kamar semakin terasa longgar.

3. Cat dinding polos dan kurangi hiasan dinding
Cat dinding atau warna dinding juga memiliki peran penting terhadap sugesti. Jika cat dinding polos maka kamar tidur akan terasa lebih luas. Namun sebaliknya, jika cat dinding bercorak ataupun berwarna gelap maka ruang kamar tidur justru terasa menjadi sempit. Hal ini berlaku untuk hiasan dinding dan pernak-pernik semacamnya. Jika terlalu banyak memakai hiasan dinding maka ruangan kamar tidur tentu akan nampak penuh dan sempit, namun jika dinding polos dan cerah maka tentu akan berbeda.

4. Pilih kasur yang minimalis
Kasur yang minimalis untuk kamar tidur sempit supaya terlihat lebih luas kira-kira yang seperti apa? Logikanya yakni jika memilih ruangan untuk tidur yang sempit maka tentu tingkat kenyamanan untuk tidur di kasur lebih rendah. Oleh karena itu jika ruangannya sempit atau terbatas, maka gunakanlah kasur yang minimalis saja, bisa dilipat. Atau gunakan kasur tanpa tempat tidurnya, modelnya seperti kasur orang Jepang.

5. Gunakan keramik atau ubin yang sewarna atau selaras dengan dinding
Pemilihan warna keramik atau ubin atau lantai dengan warna dinding akan membuat ruangan kamar terasa lebih lapang. Misal cat dinding putih polos, maka gunakanlah keramik putih juga dan langit-langit putih. Hasilnya maka ruangan akan terlihat satu warna dan lebih luas. Namun bisa juga menggunakan kombinasi warna yang selaras.

6. Kelompokkan barang-barang elektronik
Dalam sebuah kamar tidur selain terdapat perabotan umumnya juga terdapat barang-barang elektronik. Misalnya seperti TV, komputer, laptop, lampu tidur, lampu belajar, kipas angin, handphone, dan lain sebagainya. Cara menata kamar supaya terlihat lebih luas adalah dengan menaruh barang-barang elektronik tersebut dalam satu lokasi. Misal TV, komputer, laptop, kipas angin di letakkan satu meja. Lebih bagus lagi jika barang elektronik tersebut bisa disimpan ke dalam lemari jika selesai dipakai, atau ada lemari/meja khusus untuk menaruhnya secara tertutup.

7. Rak buku tertutup
Rak buku juga merupakan bagian tak terpisahkan dari kamar tidur. Namun penataan rak buku yang kurang tepat akan membuat ruangan kamar tidur semakin sempit. Solusinya untuk mendapatkan kamar tidur lebih luas yakni dengan menyembunyikan rak buku. Bagaiamana caranya? Gunakanlah rak buku tertutup. Rak buku gantung atau lemari buku lebih tepatnya. Atau buat lemari buku di bawah meja belajar atau semacamnya.

8. Cermin yang besar
Cermin juga merupakan salah satu benda wajib yang ada di dalam kamar tidur. Namun kadang keberadaannya justru membuat ruangan kamar tidur terasa sempit. Solusinya yakni gunakanlah cermin yang lebih besar. Pada ruangan sempit jika menaruh cermin yang besar maka akan menimbulkan sugesti ruangan yang malah lebih luas. Hal ini karena efek cermin yang memantulkan kondisi dalam ruangan.

Nah dengan menata kamar tidur sedemikian rupa dengan mempretimbangkan sugesti maka kamar tidur yang sempitpun akan terlihat lebih luas dan lapang. Bagaiamana? Anda tertarik untuk mencobanya?
Load disqus comments

0 comments