9 Ide Membuat Halaman Depan Rumah yang Cantik

Halaman depan rumah yang cantik dan minimalis bisa Anda dapatkan hanya dengan budget yang kecil. Tentu hal tersebut bisa Anda realisasikan. Yang terpenting adalah tentukan tema atau konsep halaman depan rumah lalu gunakan properti yang sederhana. Jika halaman depan rumah Anda cukup luas maka tentu banyak pilihan konsep yang bisa Anda terapkan dan gunakan. Namun jika halaman depan rumah Anda tidak begitu luas karena mungkin konsep rumah yang minimalis, maka tentu sesuaikan saja dengan kondisi.

Halaman depan rumah adalah lokasi pertama yang akan dilihat oleh orang luar. Desain eksterior akan menjadi sangat penting. Orang akan cepat mengatakan rumah ini cantik dan bagus hanya dilihat dari tampak depannya saja.

Banyak tips membangun rumah dengan halaman yang cantik. Anda bisa menambahkan taman kecil atau kursi dan beberapa properti lain sebagai pelengkap dan penghias halaman depan rumah Anda. Nah, berikut ini beberapa tips dan ide membuat halaman depan rumah yang cantik dengan budget yang terjangkau.

1. Halaman rumah dengan taman hijau
Rumput hijau atau taman kecil adalah pilihan umum yang banyak digunakan. Tentu hal ini benar. Pilihan paling mudah adalah memberikan sentuhan rumput hijau atau taman kecil-kecilan untuk halaman depan rumah Anda. Biaya untuk membuat taman atau rumput tentu tidak mahal. Konsep ini merupakan konsep dasar. Setelah Anda memberikan rumput hijau maka selanjutnya Anda bisa menambahkan berbagai properti lain. Namun jika masih terkendala budget, maka rumput hijau saja sudah cukup.


Halaman rumput tentu sebagai penambah warna untuk desain eksterior rumah. Anda bisa menambahkan beberapa tanaman atau pot bunga. Selain pot bunga bisa pula beberapa tanaman yang tinggi.

2. Halaman depan dengan paving block
Menggunakan paving untuk halaman depan juga bisa mempercantik rumah Anda. Dan nilai fungsionalitasnya lebih tinggi. Selain itu Anda bisa pula menambahkan taman kecil di sekelilingnya atau berbagai properti lain. Selain sebagai halaman depan, penggunaan paving block juga bisa dimanfaatkan sebagai garasi atau semacamnya.


3. Taman dan ayunan
Rumah Anda ingin tampil lebih funny karena beberapa anak kecil yang Ada di rumah? Anda bisa menciptakan halaman depan rumah dengan taman kecil dan ayunan. Hanya perlu memberikan kursi goyang atau ayunan lalu di sekelilingi dengan rerumputan hijau atau bisa pula diberikan paving block.


4. Halaman depan rumah dengan bunga-bungaan
Agak lebih berwarna dan go green Anda bisa menambahkan taman dengan bunga-bunga warna-warni untuk halaman depan rumah Anda. Anda bisa memasang kanopi  yang dirambati oleh tumbuhan (baca juga: ide desain kanopi minimalis). Rumah dengan penuh bunga-bungaan tentu menjadi rumah yang romantis.

5. Halaman depan rumah minimalis dengan paving block dan rumput
Di Indonesia sendiri yang kebanyakan orang memilih rumah minimalis sebagai hunian pilihannya maka standar halaman depan yang paling cocok adalah halaman depan minimalis dengan paving block dan rumput atau taman kecil. Budget untuk mendesain konsep ini tentu sangat terjangkau dan yang dihasilkan sesuai dengan konsep rumah yang minimalis.


6. Lantai kayu
Ingin konsep yang lebih mahal dikit? Anda bisa meniru konsep halaman depan rumah minimalis bergaya eropa. Yakni dengan membuat lantai berdasar kayu. Anda bisa menambahkan beberapa properti tambahan seperti meja dan kursi dan beberapa bunga-bungaan. Konsep ini memang terbilang membutuhkan budget yang lebih besar, namun jika memang rumah Anda memiliki space halaman depan yang luas dan Anda juga menginginkan konsep yang lebih modern dan nyaman maka tak ada salahnya menggunakan konsep halaman depan rumah dengan lantai kayu dan beberapa kursi tersebut.


7. Lantai keramik
Lantai keramik bisa juga menjadi opsi bagus untuk rumah Anda. Jarang memang rumah yang menggunakan keramik sebagai halaman depannya, namun apa salahnya untuk dicoba. Anda bisa menggunakan keramik dengan ukuran yang besar dan berwarna gelap atau disesuaikan dengan konsep warna rumah.


8. Kolam ikan atau kolam pancuran
Masih kurang kreatif atau kurang ramai? Anda bisa menambahkan kolam ikan atau pancuran di halaman depan rumah Anda. Anda bisa menambahkan kolam kecil sebagai pemberi kesan lebih hayati untuk halaman depan rumah Anda.


9. Halaman depan dengan petakan
Selain paving block bisa pula menggunakan petakan yang terbuat dari semen dan batu-batu kecil atau keramik.


Dalam merancang halaman depan rumah yang cantik tidak perlu mengeluarkan banyak uang atau budget yang besar. Terapkanlah konsep-konsep di atas. Anda bisa memberikan taman kecil atau rumput hijau. Bisa ditambahkan beberapa properti seperti pot bunga, kursi, meja atau beberapa petakan atau paving block. Sesuaikan dengan luas halaman depan rumah Anda juga. Untuk rumah minimalis dengan halaman depan yang tidak begitu luas bisa menggunakan taman rumput saja dan beberapa pot. Namun jika halaman cukup luas tentu banyak hal yang bisa Anda berikan misal seperti kolam ikan kecil, beberapa tanaman tinggi, kuri goyang dan ayunan dan lain sebagainya.
Load disqus comments

0 comments