8 Ide Jendela untuk Ruang Tamu

Jendela untuk ruang tamu adalah salah satu poin penting yang harus diperhatikan. Jendela adalah bagian dari ventilasi keluar masuknya cahaya dan udara. Penempatan dan pemilihan ukuran serta jenis jendela tentu memengaruhi tingkat kenyamanan ruang tamu. Pada ruang tamu harus memiliki setidaknya satu jendela sebagai part untuk ventilasi cahaya dan udara. Selain itu, jendela juga sangat penting sebagai pelengkap space kosong di dinding ruangan.

Ide jendela untuk ruang tamu tidak perlu muluk-muluk, yang penting bagaimana jendela tersebut bisa melengkapi kekurangan pada ruang tamu dan menjalankan fungsi sebaik mungkin. Memilih model jendela yang tepat dan bagus serta menentukan lokasi penempatan dinding adalah hal yang perlu diperhatikan betul bagi si pemilik rumah.

Untuk hunian yang minimalis tentunya menggunakan jendela yang kecil saja ,yang terpenting ada akses cahaya masuk. Namun untuk ruangan yang agak luas, tentunya bisa menggunakan jendela yang lebih lebar dan bisa dikreasikan sesuai selera.

Nah, berikut ini ideproperti.com memberikan beberapa ide mengenai jendela yang bagus untuk ruang tamu.

1. Jendela ruang tamu vintage
Mendesain ruang tamu supaya berkesan 'jadul' atau vintage salah satu caranya yakni dengan memberikan jendela yang bergaya lama. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan konsep jendela bergaya eropa. Menggunakan cat warna putih dan model jendela bersekat-sekat serta terbuat dari kayu.



2. Jendela Excalibur
Model jendela bergaya barat bisa menjadi pilihan menarik untuk ruang tamu Anda. Menggunakan jendela berbahan kayu yang bisa dibuka dengan menaik-turunka kacanya. Selain itu diberi gordyn dengan warna yang hangat. Peletakkan jendela juga agak lebih tinggi.



3. Jendela lebar dan gordyn yang warm
Ruang tamu Anda memiliki lebar yang luas dan dinding yang luas pula mengarah ke halaman? Anda bisa memasang jendel yang cukup lebar di sana. Jangan lupa gunakan gordyn yang berwarna sesuai dengan tema ruang tamu Anda. Jika ingin suasanya cerah maka gunakan jendela putih dan gordyn warna cerah atau mengkilap.



4. Jendela full kaca
Konsep rumah Anda lebih modern dan ruang tamu ingin lebih transparant? Anda bisa mencoba menggunakan kaca yang besar pada sisi dinding di ruang tamu Anda. Gunakan kaca yang hitam saja supaya terlihat menawan dari luar. Menggunakan kaca yang besar tentu sifatnya selera masing-masing.



5. Jendela putih dan lebar
Menggunakan jendela warna putih atau warna netral menjadi pilihan bagus untuk mendesain ruang tamu lebih nyaman dan sedap dipandang. Selain itu jendela dengan kaca yang lebar juga akan memberikan pemandangan keluar yang lebih banyak daripada sekadar jendela kecil dan bersekat. Jika memang halaman rumah Anda memiliki pemandangan yang cukup bagus, maka tentu konsep jendel ini bisa Anda terapkan untuk mendesain ruang tamu di rumah Anda.



6. Jendela putih lebar bersekat
Jendela lebar dan memanjang bisa menampilkan pemandangan luar yang bagus. Namun jika Anda khawatir cahaya yang masuk akan terlalu besar dan malah memengaruhi interior, maka sebaiknya jendela diberikan penyekat. Anda bisa menggunakan jendela lebar dengan warna cerah dan ber tirai atau sekat pada setiap jendela,sehingga bisa untuk mengatur cahaya.


7. Jendela buka tutup di dinding samping
Jika umumnya orang akan meletakkan jendela pada dinding dengan pemandangan halaman utama, namun untuk konsep yang satu ini Anda bisa meletakkan jendela di dinding yang mengarah ke samping rumah. Jika rumah Anda memiliki pemandangan yang sejuk di sampingnya, maka konsep ini bisa Anda tiru. Pakailah jendela yang memiliki pintu slide atau pintu jendela buka-tutup ,sehingg udara sejuk dari luar bisa masuk.



8. Jendela dengan tirai penutup
Penggunaan tirai sebagai pelapis sekaligus penutup jendela adalah ide yang cukup bagus. Anda bisa menggunakan jendela yang lebar dan panjang dan memberikannya tirai yang terbuat dari bambu maupun stainless. Fungsi dari tirai tersebut tentunya sebagai penghalang cahaya yang masuk dan menutup jendela jika hujan. Dan bisa pula sebagai pengganti gordyn.



Jendela dengan konsep minimalis maupun modern bisa Anda terapkan sebagai jendela di ruang tamu Anda. Peletakkan jendela bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan. Jika dinding mengarah ke arah cahaya masuk, maka Anda bisa meletakkan jendela di dinding tersebut. Atau bisa pula meletakkan di sisi dinding samping. Dan pemandangan luar yang menunjang juga harus menjadi perhatian. Nah, demikian beberapa tips jendela untuk ruang tamu yang bagus dan bisa menjadi referensi untuk rumah Anda.
Load disqus comments

0 comments