Arsitektur Tropis Rumah Minimalis di Indonesia

Indonesia adalah daerah dengan iklim tropis, oleh karena itu arsitektur tropis rumah minimalis di Indonesia cocok sekali untuk diterapkan. Iklim tropis ditandai dengan cuaca yang panas dan hujan. Di Indonesia sendiri memiliki dua musim yakni musim kemarau dan musim pengujan. Untuk itu Indonesia disebut juga memiliki iklim tropis.

PENGERTIAN ATSITEKTUR TROPIS

Arsitektur tropis yaitu arsitektur bangunan dengan memanfaatkan kekayaan alam. Atau dengan kata lain yaitu bangunan dengan menggunakan bahan-bahan baku dari alam seperti bebatuan, pepohonan, kayu, daun dan lain sebagainya. Selain itu arsitektur tropis pada suatu bangunan ditujukan sebagai bangunan yang tahan terhadap iklim tropis tersebut itu sendiri.

Di Indonesia rumah dengan arsitektur tropis bisa disebut juga dengan rumah tradisional. Pada umumnya rumah tradisional di Indonesia memiliki bentuk bangunan yang simple dan memakai bahan dasar dari alam tentunya seperti kayu, bambu, daun kering, batu dan lain semacamnya.

Bentuk atap yang miring dan berbagai model ventilasi pada rumah tradisional memiliki tujuan supaya rumah tersebut bisa bertahan terhadap alam. Semisal hujan turun maka air dari langit akan langsung turun karena atapnya miring. Dan ventilasi yang banyak pada rumah bertujuan supaya sinar matahari dapat masuk menyinari ruang dalam. Ada pula rumah dengan lantai yang bertingkat-tingkat ditujukan agar tidak terkena banjir, dan masih banyak lagi yang lainnya.

GAMBAR RUMAH TRADISIONAL
Rumah tradisional adat Hasan Maulani Jawa Barat

PERKEMBANGAN RUMAH TROPIS

Selain rumah tradisional yang menganut arsitektur tropis,ada juga rumah modern yang memiliki luas bangunan yang minimalis. Konsepnya yakni bangunan yang juga menggunakan bahan dasar material alam hanya saja menggunakan desain bangunan yang lebih modern.

Pada penerapannya juga sama seperti pada rumah tradisional. Pada rumah modern juga menerapkan aspek natural. Pada arsitektur tropis rumah minimalis di Indonesia juga mengedepankan bangunan yang cocok dengan iklim di Indonesia yakni musim kemarau dan penghujan. Sehingga bangunan dibangun sedemikian rupa supaya bisa menyesuaikan dengan kedua iklim tersebut.

Rumah minimalis modern karena keterbatasan pada luas tanah atau lahan yang digunakan maka pada umumnya disiasati dengan meninggikan bangunannya. Dengan kata lain membuat rumah tingkat atau membuat rumah menjadi beberapa lantai, umumnya dua lantai. Aspek lain selain meninggikan bangunan yakni menghiasi sekeliling bangunan rumah dengan sentuhan alam seperti kolam kecil untuk ikan atau taman kecil dengan berbagai macam jenis bunga dan lain semacamnya.

CONTOH GAMBAR RUMAH TROPIS MODERN

Rumah Tropis 1 Lantai

Rumah Tropis 2 Lantai

Rumah minimalis dengan arsitektur tropis sangat cocok diterapkan dengan iklim di Indonesia. Konsep yang natural akan menyesuaikan dengan cuaca dan suasana.
Load disqus comments

0 comments