Harga Atap Sirap / Genteng Kayu Ulin

Harga atap sirap untuk wilayah Jawa cenderung lebih mahal ketimbang di Kalimantan. Produsen kayu ulin atau bahan pembuat atap sirap adalah pulau Kalimantan itu sendiri sehingga harga jual di Kalimantan akan lebih murah. Namun untuk permintaan dan penjualan di Jawa dan pulau lain seperti Sumatera dan Sulawesi juga memiliki harga yang lebih mahal.


Rentang harga atap sirap tidak hanya dilihat dari harga bahan kayunya saja ,namun juga biaya lain-lain seperti biaya pemasangan atau pengiriman. Pemasangan atap sirap tidak bisa dilakukan oleh sembarang tukang, melainkan ada pakar atau ahlinya sendiri. Umumnya pada setiap perusahaan produsen atap sirap juga menyediakan jasa pemasangannya sekaligus, yang dikerjakan oleh ahli tentunya.

Atap sirap merupakan jenis yang memiliki keunggulan antara lain dari segi fisik yang lebih ringan dan awet serta tahan terhadap berbagai cuaca dan kondisi luar. (Baca: Kelebihan-Kelebihan Atap Sirap).

JENIS KAYU ATAP SIRAP
Dalam pembelian paket atap sirap biasanya diberikan beberapa pilihan jenis berdasarkan bentuk dan ketebalannya, yakni ketebalan 1 s/d 2 mm dan 4 s/d 5 mm.


HARGA ATAP SIRAP DAN PEMASANGAN
Harga atap sirap dihitung per tali atau per ikat. Karena bentuknya panjang maka seringkali produsen menghargainya berdasarkan ikatan. Satu paket ikatan kayu biasanya berisi 20 genteng sirap. Tiap ikat harganya berkisar 100.000 rupiah. Kebutuhan tiap atap berbeda-beda namun jika diibaratkan ukuran atap rumah minimalis bisa menghabiskan 200-300 ikat. Sehingga biaya untuk bahan atap sirap bisa mencapai Rp 20jt - Rp 30jt. Namun tunggu dulu, kisaran tersebut belum termasuk biaya pemasangan. Untuk proses pemasangan biasanya produsen mematok harga per meter perseginya yakni sekitar 50rb-70rb/meter persegi.

Harga tersebut memang terbilang mahal namun untuk kualitas yang tinggi seperti bahan atap sirap tersebut rasanya sudah sepadan. Oleh karena itu umumnya pemilihan atap sirap atau genteng sirap biasanya adalah bangunan mewah atau instansi pemerintah.

Harga atap sirap tersebut tentu bisa bertambah lebih mahal lagi, tergantung kesepakatan dengan produsen. Biasanya harga tersebut bisa dipengaruhi jenis dan model kayu, permintaan lainnya, atau bisa dipengaruhi jarak tempuh pengiriman. Namun yang jelas buatlah kesepakatan terlebih dahulu dan tentukan deal harga dengan produsen. Selamat mencoba
Load disqus comments

0 comments